Singing Hatsune Miku Singing Hatsune Miku

Minggu, 18 Oktober 2015

Pengertian Dan Prinsip Kerja Printer Dot Matrix

Printer dot matrix adalah printer yang mencetak dengan pita dan jarum atau yang disebut juga dengan istilah pin. Karena itu hasil cetak printer dot matrik tidak setajam printer yang menggunakan tinta atau toner. Meskipun demikian, printer dot matrix mempunyai keunggulan yang tidak bisa digantikan oleh printer jenis lain, karena pukulan jarum atau pin pada pita dapat menembus kertas, sehingga dapat menghasilkan bentuk copy sebuah dokumen dengan penggunaan media kertas jenis NCR (Non-carbon Copy Paper).

Prinsip Kerja Printer Dot Matrix:
Cara kerja printer dot matrix ini cenderung konvensional dan manual. Tidak ada sensor digital yang canggih pada printer ini, seperti yang ada pada printer jenis inkjet maupun printer laser.

  1. Komputer mengirimkan signal data kepada printer, kemudian rollerprint menarik kertas yang ada pada paper handling masuk ke dalam
  2. Kemudian printer dot matrix memposisikan head printer yang berisi jarum cetak (pin) ke posisi kolom yang ditentukan oleh komputer
  3. Setelah berada pada posisi yang tepat, jarum yang ada pada head printer akan memukul pita membuat titik pola pada kertas yang telah ditarik tadi. Cara jarum head memukul pita mirip dengan cara kerja tungkai huruf pada mesin ketik konvensional.
  4. Kumpulan pola yang dibentuk oleh jarum printer akan menghasilkan sebuah karakter.
Dengan kata lain, hasil dari cetak printer jenis ini dihasilkan oleh pin/jarum, yang diposisikan pada kolom yang telah ditentukan, lalu bergesekan dengan pita printer dan pita tersebut berada tepat ditengah pin dan kertas yang akan dicetak, selanjutnya head yang berisi pin tersebut membuat titik pada kertas yang akan dicetak. Printer tipe ini menggunakan tarikan magnet solenoid yang ada pada head-print-nya, nilai daya tariknya didapat dengan mengambil ukuran karakter yang akan dicetak.
Keunggulan dari membeli printer dot matrix ini adalah dapat mencetak banyak dokumen dengan biaya yang lebih murah dibandingkan printer Inkjet dan laserjet.
Dengan cara kerja diatas, maka tidak bisa dihindari bahwa printer ini menghasilkan suara yang cukup berisik dan terkesan menganggu. Kecepatan cetak printer dot matrik juga tidak secepat laser karena gerakan print-head yang lambat. Keterbatasan yang lainnya adalah warna cetakan yang dihasilkan kurang bervariasi, dan kualitas cetak kurang bagus untuk gambar.

2 komentar: